Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Pembagian BLT (Bantuan Langsung Tunai) Desa Cinangka Tahap II

Pemerintah Desa Cinangka melaksanakan program pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2023 tahap II, program ini bertujuan untuk membantu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak ekonomi, Selasa (08/09/2023). Program BLT Dana Desa tahun 2023 ini ditujukan untuk 30 KPM yang berada di wilayah Desa cinangka Setiap KPM akan menerima bantuan sebesar Rp. 900.000,00 (Sembilan Ratus Ribu Rupiah) selama 3 bulan, pembagian BLT Dana Desa tahun 2023 di Desa Cinangka dilakukan setelah memperhatikan situasi ekonomi dan sosial Masyarakat setempat, tujuan dari bantuan ini adalah agar dapat dimanfaatkan secara bijaksana oleh keluarga penerima manfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Program pembagian BLT Dana Desa tahun 2023 di Desa Cinangka mendapat pujian dari masyarakat setempat. Jajang, salah satu warga yang diwakili oleh anaknya karena tidak dapat hadir, menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan ini. "Kami sangat mengapresiasi pemerintah desa yang telah memberikan bantuan ini. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi keluarga kami," katanya. Pembagian dana BLT Desa pada tahun 2023 diharapkan dapat memberikan bantuan kepada Masyarakat Desa Cinangka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meningkatkan standar hidup mereka. Pemerintah Desa Cinangka juga berjanji untuk terus melaksanakan program-program yang memberikan manfaat bagi Masyarakat setempat.

Bersama Masyarakat, Praja IPDN Melaksanakan Kegiatan Jumat Bersih di RT 008 Desa Cinangka

Bersama masyarakat, Praja IPDN melaksanakan jumat bersih secara gotong royong sekaligus meningkatkan kedekatan antara praja dengan masyarakat. Mulai dari membersihkan sampah yang dibuang sembarangan ke pinggir jalan hingga kedalam parit-parit dibersihkan oleh praja dan masyarakat. Sampah masih menjadi permasalahan yang terus terjadi di tengah masyarakat Desa Cinangka, hal ini dikarenakan masih kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, Pemerintah Desa Cinangka memiliki program Jumat Bersih setiap minggunya yang artinya setiap hari Jumat akan selalu diadakan kegiatan gotong royong untung meningkatkan kebersihan desa. Kegiatan jumat bersih merupakan salah satu upaya untuk menciptakan lingkungan desa cinangka bebas dari sampah. Kebersihan merupakan sebagian dari iman, oleh karena itu perlu ditingkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan disekitar kita.

Pemerintah Desa Cinangka Gelar Rapat Minggon Awal September 2023

Pemerintah Desa Cinangka mengadakan Rapat Minggon bertempat di Aula Kantor Desa Cinangka pada 6 September 2023 ba'da Isya sebagai agenda rutin pertemuan setiap bulannya. Sekretaris Desa, Bapak Maman Durahman sebagai moderator yang membuka rapat bersama Kepala desa, Kepala Bamusdes, dan Babinkamtibmas Cinangka. Dihadiri oleh Ketua RW/RT, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, Linmas, staff, dan perangkat desa yang lain. Disampaikan evaluasi terkait pengolahan pembangunan sampah masyarakat yang masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan, selain itu disampaikan juga terkait persiapan pelaksanaan Maulid Nabi yang diselenggarakan pada tanggal 29 September 2023, yang setiap RT-nya harus bisa ikut berpartisipasi untuk menyukseskan peringatan Maulid Nabi tersebut. Pengenalan terkait kedatangan para Praja IPDN di Desa Cinangka dalam rangka kegiatan Bhakti Karya Praja (BKP) selama 14 hari hingga tanggal 18 September 2023 membawa program pengenalan dan pengembangan website resmi Kabupaten Purwakarta, yakni WEBDESAKU kepada warga Cinangka. Nur Danil, selaku salah satu praja yang turut memberikan pemaparan materi terkait penggunaan website tersebut. Rapat ditutup dengan penyampaian dari Sekretaris Desa, di harapkan bahwa kedatangan Praja IPDN diharapkan dapat memotivasi pelajar di Desa Cinangka agar lebih giat belajar dan mengejar pendidikan setinggi mungkin. - CINANGKA BINANGKIT JUARA -

Pembangunan Jalan Lingkungan Di Desa Cinangka

Cinangka, 6 September 2023 Jalan Lingkungan adalah jenis jalan yang terletak di dalam atau sekitar area perumahan, dan berfungsi sebagai akses servis atau jalan lokal yang menghubungkan berbagai bagian dalam suatu lingkungan perumahan. Jalan ini dirancang untuk melayani kebutuhan transportasi di dalam lingkungan perumahan, seperti akses menuju rumah-rumah, fasilitas umum, atau area rekreasi, dan umumnya memiliki volume lalu lintas yang lebih rendah dibandingkan dengan jalan utama atau jalan raya. Dalam meningkatkan kelancaran akses masyarakat untuk menunjang perekonomian di Desa Cinangka, Pemerintah Desa Cinangka, Kecamatan Bungursari pada tahun 2023 ini telah merealisasikan pembangunan peningkatan jalan lingkungan yang berlokasi di Kp. Cinangka RT 09/RT06 RW 03. Peningkatan jalan desa ini menghabiskan anggaran sebesar Rp. 330.529.000 (tiga ratus tiga puluh juta lima ratus dua puluh sembilan ribu rupiah) dengan panjang jalan 475 m, luas jalan 3,5 m dan tinggi jalan 0,15 m. Anggaran tersebut bersumber dari Anggaran Dana Desa Cinangka Tahun 2023. Pembangunan jalan ini akan sangat berpengaruh dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat dari berbagai sisi dan aspek. Masyarakat akan mendapatkan keuntungan dalam pembangunan jalan ini karena setiap aktivitas masyarakat tidak lepas darti akses jalan. Pengecoran jalan diharapkan mampu meningkatkan dan mempermudah akses jalan bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas perekonomian. Karena segala aktivitas masyarakat dalam sektor ekonomi membutuhkan infrasturktur yang memadai, salah satunya yakni akses jalan. Keberadaan jalan desa dan jalan lingkungan yang layak tentu akan berdampak pada kelancaran transportasi dan perekonomian, khususnya bagi warga Desa Cinangka.

DESA CINANGKA SAMBUT HANGAT KEDATANGAN PRAJA IPDN YANG AKAN MELAKSANAKAN BHAKTI KARYA PRAJA

Cinangka, 5 September 2023 Kabupaten Purwakarta dipilih menjadi tempat pelaksanaan Bhakti Karya Praja (BKP) satuan Praja Utama IPDN angkatan XXXI tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung selama 14 hari terhitung sejak 5 - 18 September 2023 di 138 desa pada 13 kecamatan. Desa Cinangka menjadi salah satu lokus pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh praja IPDN dalam kegiatan Bhakti Karya Praja (BKP). Pada hari Selasa, 5 September 2023 sekelompok praja yang terdiri dari 6 putra dan 3 putri tiba di kantor Desa Cinangka dan disambut hangat oleh masyarakat setempat untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh . Bhakti Karya Praja yang disingkat BKP adalah wujud kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Satuan Praja Utama dengan bimbingan para dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri sebagai bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan cara membekali pengalaman belajar secara empirik di tengah-tengah kehidupan masyarakat untuk turut serta membantu memecahkan persoalan berdasarkan kompetensi keilmuan masing-masing Praja. Tema kegiatan ini adalah Mewujudkan Database Desa Melalui WEBDESAKU untuk Percepatan Pembangunan Desa di Kabupaten Purwakarta. Kepala Desa Cinangka, Hj. Ida D Marliana berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi praja IPDN yang memperoleh pengalaman menghadapi dunia kerja tetapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat setempat dalam meningkatkan UMKM Desa berbasis digital.